Materi Kelas X

MANAJEMEN FILE

Windows XP Professional memiliki berbagai fitur baru yang lebih baik dari versi Windows  sebelumnya. Windows XP juga memiliki tool-tool dan program baru yang mudah digunakan untuk menjaga komputer tetap aman dan menjaga performa tetap optimal.  Windows  XP  menampilkan efek  3 dimensi pada tombol-tombolnya,  drop  shadow  pada  teks  ikon dan kursor serta jendela menu. Saat bekerja dengan Word, Anda dapat mengaktifkan  pilihan-pilihan menu view misalnya pilihan document map, yang  akan  menampilkan daftar hyperlink dan informasi pada sisi kiri folder window. Windows juga menyertakan opsi untuk mengaktifkan  seluruh setting (untuk mendapatkan best appearance) atau setting minimal (untuk performa maksimal). Anda juga  dapat  mengembalikannya  pada  posisi  default. Pembahasan  kali  ini  akan  difokuskan  pada  cara  mengoptimalkan fasilitas yang ada pada sistem operasi windows.

Siapa Berani Coba?

  1. Apakah keunggulan Windows XP dibanding windows sebelumnya ?
  2. Sebutkan keunggulan Windows XP dalam segi kosmetika!
  3. Bagaimana cara memulai penggunaan Windows XP?
  4. Bagaimana cara mengubah resolusi layar pada Windows XP?
  5. Bagaimana cara mengakhiri penggunaan Windows XP?

Pertemuan ke-1 s.d. 5

  1. Microsoft Windows XP Professional

Kemampuan Windows  telah meningkat beberapa  level  di atas versi terdahulu.  Apakah  Anda termasuk  seorang  user  pemula  atau  advance,  diharapkan  Anda  mendapatkan  sesuatu  yang berguna  dalam  menjalankan  Windows  XP  Professional.  Ulasan  yang  ditampilkan  akan membahas secara detail dengan kemudahan untuk dimengerti berikut langkah-langkahnya.

  1. Melakukan Operasi Dasar Komputer dan Menggunakan OS

Untuk memulai komputer, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut,

  1. Hidupkan komputer.
  2. Klik Start.
  3. Pilih Program, kemudian klik program yang akan Anda pergunakan misalnya Microsoft Word.

Gambar Jendela Program Windows XP

Agar  keamanan komputer  Anda  (terutama  hardisk  dan  semua  data  yang  ada  di  dalamnya) tetap dapat berjalan dengan baik, jangan langsung mematikan komputer pada CPU dan layar begitu saja, tetapi matikanlah komputer dengan cara sebagai berikut,

  1. Klik tombol Start yang terdapat pada Taksbar.
  2. Maka akan keluar sejumlah menu, klik Turn Of Computer.
  3. Selanjutnya keluar kotak dialog Turn Off computer berikut ini.

Gambar Kotak Dialog Pematian Komputer

Pada kotak dialog Turn Off Computer ada beberapa pilihan.

  1. Stand By
  2. Turn Off
  3. Restart
  4. Pilihlah salah satu dari ketiga pilihan tersebut, misalnya Anda ingin mematikan komputer tekan Turn Off.
  1. Mengustomisasi Desktop Windows XP

Langkah-langkah berikut merupakan hal yang seringkali dilakukan saat Anda ingin mengubah beberapa setting tampilan pada komputer Anda.

  1. Memilih Desktop Theme yang Berbeda

Microsoft  Windows  menyertakan  beberapa  theme  pada  setiap  instalasinya.  Anda  dapat memilih  dari  theme  yang  berbeda,  termasuk  tampilan  theme  Windows  klasik.  Memilih theme yang lain dilakukan dengan cara berikut,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Themes, dalam dropdown menu Theme, klik pilihan theme yang baru.

Gambar Kotak Dialog Display Properties

Theme  mempunyai  efek  terhadap  seluruh  penampilan  desktop,  termasuk  background, screen saver, ikon, window, kursor, dan suara.         Jika  lebih  dari  satu  orang  yang  memakai  komputer,  dari  dalam  account-nya  masing-masing user akan dapat memilih theme mereka sendiri.

  1. Membuat Desktop Theme Sendiri

Melakukan perubahan desktop dan elemen Windows yang lain, untuk kemudian disimpan dengan nama yang berbeda, merupakan salah satu cara membuat theme sendiri. Untuk membuat desktop theme sendiri, caranya adalah sebagai berikut,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Themes, klik menu dropdown Theme, dan pilih theme yang sesuai.
  3. Jika Anda telah selesai membuat perubahan, klik Apply pada tab Themes dalam kotak dialog Display Properties dan klik Save As.
  4. Berikan nama baru dan klik OK.

Lakukan perubahan isi sebuah theme dan simpan dengan nama yang baru! Beberapa item dalam tabel di bawah ini adalah bagian dari sebuah theme.

Control Panel  Tab  Item

Display  Dekstop  Background, Position, dan color.

Display

Dekstop  Ikon     (klik     customis     dekstop     untuk mengubah ikon).

Display

Screen Saver      Screen Saver.

Display

Appereance         Windows  and  Button,  Color  Scheme,  dan Font Size.

Display

Appereance         Semua  fitur  dalam  kotak  dialog  Advance Appereance (klik advance).

Mouse  Pointers  Scheme atau penunjuk individu.

Sound  Sound scheme dan program events.

Sound   and   Audio Device

Sebuah  desktop  theme  terdiri  dari  sekumpulan  ikon  set,  font,  color,  sound,  dan  elemen windows  yang  lain  yang  memberikan  kesan  unik  pada  desktop.  Anda  dapat  mengganti theme  dan  membuatnya  sendiri  dengan  melakukan  perubahan  pada  theme-theme  yang ada  dan  menyimpannya  dengan  nama  baru,  atau  mengembalikan  tampilan  Windows klasik  sebagai  theme  Anda.  Jika  Anda  melakukan  modifikasi  pada  beberapa  elemen sebuah   theme,   seperti   background   desktop   atau   screen   saver,   dianjurkan   untuk menyimpan dengan nama theme baru. Bila perubahan yang telah dilakukan tidak disimpan dengan nama baru, perubahan itu akan hilang saat Anda memilih theme yang lain.

Modifikasi  yang  dilakukan  tanpa  menyimpannya  akan  ditunjukkan  sebagai  Previous theme  name  (Modified).  Bagaimanapun,  perubahan  ini  akan  hilang  bila  digunakan theme yang lain.

Theme  yang  baru  akan  disimpan  dalam  My  Documents.  Untuk  membukanya  klik Start, kemudian klik My Documents.   Gunakan  Display  pada  Control  Panel  untuk  melakukan  pilihan  atau  menyimpan  sebuah theme.

  1. Memilih Background Desktop

Pilih  gambar  yang  akan  ditampilkan  sebagai  background  pada  layar  desktop.  Anda  juga dapat mengubah warna pada background.   Langkah-langkah mengganti background desktop adalah sebagai berikut,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Desktop, lakukan cara-cara  berikut,
  3. Pilih daftar gambar dalam Background. Klik Center, Tile, atau Stretch pada opsi  Position.
  4. Klik  Browse  untuk mencari  gambar  dalam  folder  lain  atau  drive  yang  lain.  Anda dapat menggunakan gambar yang disimpan dalam ekstensi sebagai berikut: .bmp, .gif, .jpg, alb, .png, atau .htm.
  5. Klik Center, Tile, atau Stretch pada opsi Position.
  6. Pilih pilihan warna pada Desktop Color. Penggantian warna hanya mengisi ruang antara, tidak digunakan oleh gambar.

Gambar Kotak Dialog Display Properties

Anda dapat menggunakan gambar pribadi hasil scan sebagai background. Semua gambar tersebut berada dalam folder My Pictures yang ditampilkan dalam daftar pada Background.   Gambar  dari  sebuah  website  dapat  digunakan  sebagai  background.  Klik  kanan  pada gambar kemudian klik Set as Background. Gambar tersebut akan terdapat dalam daftar Background sebagai Internet Explorer Background.    Jika gambar yang dipilih berformat dokumen .htm, tidak tersedia opsi Position. Dokumen .htm secara otomatis menjalankan stretching gambar sehingga memenuhi layar.

  1. Mengubah Ukuran Font Windows

Seandainya  teks pada layar terlalu kecil  untuk dibaca, Anda  dapat memperbesar ukuran teks yang digunakan pada menu Windows, heading, dan label ikon.     Untuk  mengubah  ukuran  font  Windows,  lakukan  langkah-langkah  berikut  ini  dengan panduan gambar.

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Appearance, klik dropdown menu pada Font size.
  3. Pilih Normal (default), Large, atau Extra Large.

Gambar Kotak Dialog Display Properties

Opsi  ini  mengizinkan  Anda  untuk memperbesar  ukuran  font  yang  digunakan  pada  menu Windows, header, dan label ikon.   Ukuran  font  bergantung  pada  theme  yang  digunakan,  mode  visual,  dan  color  scheme.   Untuk  beberapa  theme,  style,  atau  scheme,  Anda  mungkin  hanya  akan  menjumpai  satu ukuran font saja.

  1. Mengubah Resolusi Layar

Meningkatkan  resolusi  layar  banyak  dilakukan  untuk  memperoleh  bidang  pandang  yang lebih luas.  segalanya akan tampak lebih kecil pada layar, termasuk juga teks.   Menurunkan  resolusi  akan  memperbesar  segala  hal  pada  layar.  Anda  akan  mendapati layar yang penuh sesak dengan ikon, dengan ukuran teks dan yang lainnya tampil dalam ukuran yang lebih besar.   Mengubah resolusi layar dapat  dilakukan dengan langkah-langkah berikut,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Settings, di bawah Screen resolution, geser slider hingga menunjukkan resolusi yang dikehendaki kemudian klik Apply.
  3. Saat ditampilkan kotak perubahan, klik OK. Layar akan berubah gelap untuk beberapa saat.

Gambar Kotak Dialog Display Properties

Setelah perubahan tampak pada layar, Anda mempunyai waktu 15 detik untuk mengamati perubahan  yang  ada.  Klik  Yes  untuk  mempertahankan  perubahan,  klik  No  atau  tidak melakukan sesuatu dalam 15 detik untuk membatalkan perubahan yang telah dibuat.  Resolusi tinggi akan mengurangi ukuran semua hal pada layar tetapi akan meningkatkan ruang  pandang  yang  lebih  luas.  Anda  dapat  mengganti  resolusi  640  x  480  saat  menjalankan game atau program yang menuntut resolusi sebesar itu. Untuk melakukannya, klik kanan ikon game atau program tersebut (pada desktop atau pada menu Start), kemudian klik Properties.   Pilih tab Compatibility dan beri tanda pada Run in 640 x 480 screen resolution. Resolusi akan kembali pada kondisi semula saat game atau program ditutup.

Monitor  dan  video  adapter  menentukan  seberapa  besar  Anda  dapat  mengubah  resolusi layar. Anda tidak dapat mengatur resolusi di atas kemampuan video adapter atau monitor yang ada. Mengubah resolusi layar akan berakibat pada seluruh user yang tengah log in pada  komputer  tersebut.  Hanya  resolusi  layar  yang  dianjurkan  saja  yang  muncul  dalam daftar.  Untuk  pengaturan  tambahan,  klik  tombol  Advanced  pada  tab  Settings,  kemudian klik tab Adapter dan kemudian klik List all Modes. Pilih resolusi, kedalaman warna, dan refresh rate yang diinginkan.

  1. Mengubah Tampilan Windows

Mengubah  tampilan  pada  elemen-elemen  Windows  dapat  dilakukan  dengan  langkah-langkah sebagai berikut,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Appearance, klik Advanced.
  3. Dalam daftar Item, klik elemen yang ingin Anda ubah, seperti Window, Menu, atau Scrollbar, dan kemudian lakukan pengaturan yang sesuai untuk color, font, atau ukuran font.
  4. Klik OK atau Apply untuk menyimpan perubahan tersebut.

Perubahan  yang  terjadi  akan  bertahan  hingga  Anda  melakukan  perubahan  lagi  atau menggunakan  theme  yang  lain.  Perubahan  item  individu  hanya  akan  berguna  jika  Anda memilih Windows Classic dalam daftar Windows and buttons pada tab Appearance. Jika Anda memilih opsi  yang  berbeda, theme akan menentukan sendiri menu, font, ikon, dan elemen Windows  yang  lain.  Daerah  untuk  Font  tidak  akan  tersedia  untuk  elemen  dalam daftar Item yang tidak mengandung teks.

  1. Menggunakan Gambar  sebagai Background Desktop

Untuk menggunakan gambar sebagai background desktop, perhatikan cara kerja berikut!

  1. Buka My Pictures
  2. Klik gambar yang hendak digunakan sebagai background.
  3. Pada Picture Tasks, klik Set as desktop background.

Untuk membuka My Pictures,klik Start, kemudian klik My Pictures.  Anda  dapat  juga  klik  kanan  pada  gambar  dan  kemudian  memilih  Set  as  Desktop Background.

Gambar Kotak Dialog Background

  1. Mengatur Stand-By Monitor secara Otomatis

Untuk  melakukan  perubahan  waktu  yang  dibutuhkan  sebelum  monitor  secara  otomatis stand by, lakukan langkah berikut!

  1. Buka Power Options dalam Control Panel.
  2. Klik dropdown menu Turn off Monitor, pilih jangka waktu yang diinginkan.

Untuk membuka opsi Power Option, klik Start, klik Control Panel, klik Performance and Maintenance, kemudian klik Power Options.   Jika opsi Turn off monitor tidak tersedia, itu menandakan monitor Anda tidak mendukung fitur ini.   Dengan  menggunakan  Power  Options  pada  Control  Panel,  Anda  dapat  melakukan pengaturan power management yang terdapat dalam hardware selama hardware tersebut mendukungnya.  Dikarenakan  fitur  ini  tergantung  pada  konfigurasi  hardware  pada  setup komputer, maka gambar yang menyertai dapat berbeda dengan kondisi yang Anda hadapi.  Power  Options  otomatis  mendeteksi  hardware  dan  menampilkannya  apabila  hardware yang dipasangkan mendukungnya.

  1. Mengatur Screen Saver

Setting dalam pengaturan screen saver dapat dilakukan dengan cara berikut ini,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Screen Saver di bawah Screen Saver, pilih sebuah screen saver dari dalam daftar.

Sesudah  Anda  memilih  sebuah  screen  saver,  hal  tersebut  akan  otomatis  start  saat komputer Anda tidak bekerja selama beberapa saat  sesuai pengaturan dalam opsi Wait.  Untuk menghentikan screen saver, gerakkan mouse atau  tekan sembarang tombol  pada keyboard.

Untuk  mengatur  fitur  screen  saver,  klik  Settings  pada  tab  Screen  Saver.  Klik  Preview untuk  melihat  pilihan  screen  saver  pada  layar.  Gerakkan  mouse  atau  tekan  sembarang tombol pada keyboard untuk menghentikannya.

  1. Mengganti  Desktop Theme

Mengganti theme dengan yang lain dapat dilakukan dengan cara berikut ini,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Theme klik dropdown menu dan pilih Theme.

Theme  mempunyai  efek  terhadap  seluruh  penampilan  desktop,  termasuk  background, screen saver, ikon, window, kursor, dan suara.  Jika lebih dari satu orang yang memakai komputer, dari dalam accountnya masing-masing user akan dapat memilih theme mereka sendiri.

  1. Me-rename Ikon pada Desktop

Untuk me-rename ikon desktop, ikuti langkah-langkah berikut,

  1. Klik kanan pada ikon desktop yang ingin di-rename.
  2. Dari daftar dalam dropdown menu, klik Rename.
  3. Ketik nama yang Anda inginkan untuk tampil di bawah ikon.

Dengan  klik  perlahan  pada  nama  di  bawah  ikon,  hal  yang  sama  akan  terjadi,  ketikkan nama yang baru di bawah ikon.

  1. Mengubah Tampilan Windows Klasik

Menggunakan theme Windows Classic, pengaturannya dilakukan dengan langkah berikut ini,

  1. Buka Display pada Control Panel.
  2. Pada tab Themes, pada menu dropdown Theme, klik Windows Classic.

Setelah memilih theme Windows Classic, Anda dapat mengubah secara individu elemen Windows  yang  lain, seperti border,  ikon, dan menu. Klik tab  Appearance, kemudian klik Advanced untuk membuat perubahan.

  1. Meletakkan Ikon Shortcut pada Desktop

Untuk meletakkan ikon pada desktop, lakukan langkah-langkah berikut!

  1. Buka My Computer.
  2. klik dua kali drive atau folder.
  3. Pilih item yang diinginkan, seperti file, program, folder, printer, atau komputer.
  4. Pada menu File, klik Create Shortcut.
  5. Drag shortcut yang baru ke dalam desktop.

Klik kanan serta mendrag ke dalam desktop pada item yang diinginkan dan memilih Create Shortcuts  Here  dari  menu  dropdown.  Untuk mengubah  properti  shortcut,  klik kanan  ikon kemudian klik Properties. Ketika Anda men-delete sebuah shortcut, program sebenarnya tidak ikut terhapus. Ia tetap eksis pada letak semula.

  1. Mengustomisasi Start Menu

Mengklik  tombol  Start  akan  menampilkan  menu  yang  akan  memudahkan  Anda  mengakses item-item pada komputer. Klik All Programs akan membuka daftar program yang terinstalasi dalam komputer.

  1. Meletakkan Ikon pada Start Menu

Untuk menambahkan item pada menu Start, perhatikan cara kerja di bawah ini!

  1. Klik kanan tombol Start, kemudian klik Properties.
  2. Pada tab Start Menu, di bawah Start menu, klik Customize.
  3. Pada tab Advanced, di bawah Start menu items, pilih item yang akan ditampilkan dalam menu Start.

Gambar Kotak Dialog Customize Start Menu

Saat klik berikutnya pada tombol start, item yang telah dipilih akan muncul di menu Start.  Anda dapat menghapus sebuah item dari menu Start dengan menghilangkan tanda pada kotak check.

  1. Menampilkan Posisi Program dalam Menu  Start

Untuk menampilkan program pada urutan atas dalam menu Start, lakukan langkah berikut!

  1. Klik kanan pada program yang ingin ditampilkan pada posisi atas dalam menu Start.
  2. Anda  dapat  melakukannya  pada  menu  start,  dalam  windows  explorer  dalam  My Computer atau pada desktop.
  3. klik Pin to Start menu.

Gambar Kotak Dialog Penampilan Program pada Jendela Start

Program akan ditampilkan di atas garis sparator dalam menu Start. Anda dapat menghapus program dari daftar di atas dengan klik kanan item dimaksud dan klik Unpin from Start menu.  Untuk mengubah posisi item, Anda dapat  mendragnya ke tempat yang dituju.   Anda tidak dapat melakukan hal-hal tersebut di atas jika Anda memilih menu Start Klasik.

  1. Membuka All Programs dari Menu Start

Untuk  mengubah  proses  membuka  All  Program  dari  menu  Start,  ikuti  langkah  kerja  di bawah ini!

  1. Klik kanan tombol Start dan kemudian klik Properties.
  2. Pada tab Start menu klik start menu dan kemudian klik Customize.
  3. Pada tab advance beri tanda pada Open submenus when I pause on them with my mouse.

Saat berikutnya Anda membuka menu Start, dengan tanpa mengklik All Programs, secara otomatis All Programs akan menampilkan daftar program pada komputer Anda.

Gambar Kotak Dialog Customize Start Menu

  1. Mengubah Penampilan Menu Start

Mengubah penampilan menu Start dapat dilakukan dengan cara berikut,

  1. Klik kanan tombol Start, kemudian klik Properties.
  2. Pada tab Start Menu, klik salah satu opsi di bawah ini.
  • Untuk mengubah pada default menu Start, klik Start menu.
  • Untuk mengubah dalam versi Windows terdahulu, klik Classic Start menu.

Saat berikutnya Anda membuka Start, perubahan pada menu Start sudah ditampilkan.

  1. Recently Document dalam Menu Start

Untuk  menunjukkan  dokumen  yang  selesai  dibuka  dalam  menu  Start,  lakukan  langkah-langkah berikut.

  1. Klik kanan tombol Start, kemudian klik Properties.
  2. Pada tab Start Menu, klik Start menu dan kemudian klik Customize.
  3. Pada tab Advanced, beri tanda pada List my most recently opened documents.
  1. Melakukan Setting Peripheral
    1. Printer

Printer  digunakan  untuk  menghasilkan  output  teks  dan  grafis  pada  segala  jenis  media, termasuk  kertas,  transparansi,  ataupun  film.  Printer  dikategorikan  dalam  beberapa  cara, seperti cara printer mengolah data menjadi barang cetakan (karakter, jalur, atau halaman), bagaimana  karakter  dicetak  (karakter  dot-matrix  atau karakter form  secara  penuh),  serta bagaimana  teks  dan  grafis  dipindahkan  ke  dalam  kertas  atau  media  cetak  yang  lain.

Printer dot-matrix dan daisy wheel disebut juga printer ad, sedangkan printer non-impact, termasuk  juga  laser,  ink-jet,  dan  printer  thermal,  menggunakan  teknologi  yang  berbeda untuk menempatkan teks dan grafis di atas kertas.

  1. Menghubungkan Printer pada Komputer

Sebagian  besar  printer  baru  telah  mendukung  teknologi  Plug  and  Play,  sementara untuk  printer-printer  lama  belurn  mengenal  teknologi  tersebut.  Terdapat  sedikit perbedaan pada saat menginstalasi printer yang telah mendukung Plug and Play. Jika Anda  tidak  yakin  apakah  printer  Anda  telah  mendukung  Plug  and  Play,  maka perhatikan hal-hal berikut!

  • Apakah  printer  Anda  menggunakan  teknologi  infrared?  Jika  ya,  maka  dapat dipastikan printer Anda telah mendukung Plug and Play.
  • Baca  secara  saksama  buku  petunjuk  atau  kardus  pembungkus  printer.  Hampir semua produsen akan menunjukkan bahwa produk tersebut mendukung Plug and Play.
  • Periksa  kabel  konektor  untuk  berhubungan  dengan  komputer  Anda,  apakah menggunakan port serial, paralel, atau USB.
  1. Menghubungkan Printer Plug and Play

Proses  instalasi  sebuah  printer  yang  telah  mendukung  Plug  and  Play  sangat  mudah dilakukan yaitu dengan cara berikut,

  1. Hubungkan kabel printer pada port yang sesuai pada komputer Anda.
  2. Nyalakan printer.
  3. Hidupkan  komputer  dan  Windows  akan  mendeteksi  printer  Plug  and  Play  Anda, dan dalam beberapa kasus, printer sudah siap untuk bekerja tanpa membutuhkan lebih banyak pengaturan setting.
  4. Jika  Found  New  Hardware  Wizard  muncul,  beri  tanda  pada  Install  the  software automatically  (Recommended),  klik  Next,  dan  ikuti  petunjuk  yang  muncul  pada layar.
  1. Menghubungkan Printer Non-Plug and Play

Langkah  untuk  menginstalasi  dan  setup  printer  Non-Plug  and  Play  adalah  sebagai berikut,

  1. Hubungkan kabel printer pada port yang sesuai pada komputer Anda.
  2. Hidupkan printer.
  3. Jalankan Printers and Faxes.
  4. Di bawah Printer Tasks, klik Add a Printer untuk menjalankan Add Printer Wizard, kemudian klik Next.
  5. IM   Local   printer   or   stand-alone   network   printer,   hilangkan   tanda   pada Automatically detect and install my Plug and Play printer, kemudian klik Next.
  6. Sebagian  besar  komputer  menggunakan  port  paralel  (LPT1)  untuk  mengirim informasi  pada  printer  yang  terhubung  langsung.  Dalam  daftar  Use  the  following port, klik LPTI: (Recommended Printer Port), kemudian klik Next.
  7. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar.
  8. Saat Anda selesai, printer akan muncul dalam Printers and Faxes.
  1. Menggunakan Printer Jaringan

Untuk  menggunakan  printer  sharing  dalam  jaringan,  lakukan  pengaturan  sebagai  berikut,

  1. Jalankan Printers and Faxes.
  2. Di bawah Printer Tasks, klik Add a Printer untuk menjalankan Add Printer Wizard, kemudian klik Next.
  3. Klik network printer, or a printer attached to another computer, kemudian klik Next.
  4. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar.
  1. Mencari Sebuah File atau Folder

Mencari file atau folder untuk dicetak dapat dilakukan dengan langkah berikut,

  1. Klik Start, kemudian klik Search.
  2. Klik All files and folders.
  3. Ketikkan sebagian atau seluruh nama file atau folder, atau ketikkan kata atau frasa yang terdapat di dalamnya.
  4. Jika Anda  tidak mengetahui sedikit pun informasi dalam file atau folder tersebut, perhatikan langkah-langkah berikut ini!
  • Dalam Look in, klik drive, folder atau jaringan yang ingin Anda cari.
  • Klik When was it modified?, untuk mencari file yang dibuat atau diubah pada rentang waktu yang telah ditentukan.
  • Klik What size is it?, untuk mencari file berdasarkan ukurannya.
  • Klik More advanced options, untuk menentukan pencarian dengan kriteria yang spesifik.
  • Klik Search. Hasilnya dapat dilihat pada layar.

 

Dengan  Windows  XP    Professional,  Anda  dapat  bekerja  dengan  file-file  dan  folder  secara  lebih  efisien.  Anda dapat  mengerjakan  segala  sesuatu  dengan  antarmuka  halaman  web  yang  lebih  intuitif  dan  Anda  dapat  melihat dengan detail file dan folder dalam cara yang lebih baru dan membantu. Anda kini memiliki opsi lebih banyak untuk membuka file dengan program yang spesifik. Bekerja dengan file dan folder offline tidak pernah semudah sekarang.  Anda  dapat  juga  mengompresi  file  dan  folder  secara  cepat  dan  mudah  sehingga  akan  mengurangi pemakaian ruang disk Anda.

  1. Membuka Sebuah File

Dengan Windows  XP  Professional, Anda dapat menentukan file tertentu  yang akan dibuka oleh program yang sama. Anda dapat menghubungkan sebuah nama ekstensi file dengan file-file  tipe  tertentu  atau  memilih  untuk  melakukan  modifikasi  pada  sebuah  file  yang  telah  ada.  Untuk menunjukkan dokumen yang selesai dibuka dalam menu start, lakukan langkah-langkah berikut!

  1. Klik kanan tombol Start,  kemudian klik properties.
  2. Pada tab Start menu, klik start menu  dan kemudian klik customize.
  3. Pada tab Advanced, beri tanda pada list my most recently opened document.

Gambar Kotak Dialog Customize Start Menu

Saat  Anda  membuka  Start,  folder  My  Recent  Document  akan  ditampilkan  pada menu  Start.   Folder ini berisi dokumen dan file yang belum lama dibuka.  Pada  tab  Advanced  klik  Cleart  List    untuk  mengosongkan  folder.  Hal  tersebut  tidak  akan menghapuskan dokumen asli dari computer.

  1. Bekerja dengan File dan Folder

Banyak program dapat berjalan baik dalam Windows XP. Pengecualiannya adalah beberapa game yang lama dan program yang ditulis khusus untuk versi Windows yang lalu.  Jika terdapat beberapa program  yang tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya di bawah Windows  XP  Profesional,  Anda  dapat  mengabaikannya  atau  mengunjungi  situs  internet produsen program tersebut.

  1. Membuka File atau Folder

Cara membuka file atau folder adalah sebagai berikut.

  1. Buka My Document.
  2. Jika  file  atau  dokumen  yang  dicari  tidak  ditemukan  dalam  folder  My  Document  dan subfoldernya,   gunakan   fasilitas   Search   untuk   menemukannya.   Untuk   membuka Search. Klik Start kemudian  klik Search.
  3. Setelah file atau folder ditemukan, klik dua kali untuk membukanya.
  4. Jika sebuah file yang akan dibuka tidak dikenali. Klik kanan file tersebut dan klik open with.  Dan pilih program untuk membukanya.  Anda  dapat  menggunakan  menu  View  untuk  mengubah  tampilan  file.  Anda  dapat  juga menggunakan tab view dalam kotak dialog folder options untuk mengubah setting file dan folder. Untuk membuka kotak dialog Folder options pada menu Tools, klik Folder options.
  1. Menyimpan File

Menyimpan sebuah File dapat dilakukan dengan cara berikut.

  1. Pada menu file dari program yang sedang digunakan klik Save
  2. Jika Anda belum pernah menyimpannya sebelumnya, klik File, kemudian klik save As dan tuliskan nama file dalam file name.

Gambar Tampilan Menyimpan Data

  1. Untuk menyimpan file dengan nama yang berbeda gunakan fungsi Save As, kemudian klik tanda  panah  pada  save  in.  Untuk mencari  drive  atau  folder  di  mana  file  tersebut  akan diletakkan, dan kemudian ketikkan nama yang baru dalam kotak File name.
  1. Memindahkan File atau Folder

Untuk memindahkan file atau folder, lakukan langkah seperti berikut ini!

  1. Buka My Documents.
  2. Jika file atau folder yang akan dipindah tidak terdapat dalam folder My Document  atau subfoldernya. Gunakan Search untuk mencarinya.
  3. Pilih file atau folder yang akan dipindahkan.
  4. Di bawah File and Folder Task, klik Move this file  atau move this folder.
  5. Dalam Move items, pilih lokasi yang baru, kemudian klik move.
  6. Untuk memilih satu grup file berurutan, klik file yang paling awal, tekan tombol SHIRT  dan kemudian klik file paling akhir. Sedangkan untuk memilih file dengan tidak berurutan, klik file satu-persatu dengan menekan tombol CTRL
  1. Me–Rename Deretan File

Untuk merencanakan file secara berurutan, perhatikan langkah kerja berikut ini!

  1. Buka My Documents.
  2. Jika  file  atau  folder  yang  akan  direname  tidak  terdapat  dalam  folder  My  documents atau subfolder. Gunakan search untuk mencarinya.
  3. Select file yang akan di-rename.
  4. Lalu klik Rename pada menu File.
  5. Tulis  nama yang baru dan tekan ENTER.
  6. Semua file yang berurutan akan berganti nama yang diikuti penomoran. Sebagai contoh adalah  saat  Anda  menuliskan  Tutorial,  file  lain  dalam  urutan  tersebut  akan  diberi  nama Tutorial (1) Tutorial (2).
  1. Membuat Folder Baru

Membuat folder baru. Lakukan langkah-langkah seperti terlihat pada gambar.

  1. Buka My Documents.
  2. Di bawah File and Folder Tasks, klik Make a new  folder.
  3. Sebuah folder baru akan muncul dengan nama default New Folder.
  4. Klik kanan, pilih rename kemudian tuliskan nama untuk folder tersebut.
  5. Tekan ENTER.

Gambar Tampilan Pembuatan Folder Baru

Anda dapat membuat folder baru dengan jalan klik kanan pada area kosong  dalam folder window atau pada desktop. Pilih new. Kemudian klik Folder.

  1. Menyalin File atau Folder

Untuk  menyalin file atau folder. Ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Buka My Document.
  2. Jika file atau folder yang akan disalin tidak terdapat dalam folder My Documents atau subfoldernya, gunakan Search untuk mencarinya.
  3. Klik file atau folder yang ingin disalin.
  4. Di bawah File and Folder Task, klik copy this file  atau copy this folder.
  5. Pada  Copy  Items,  arahkan  pointer  pada  drive  atau  folder  yang  diinginkan  kemudian klik copy.
  6. Anda dapat menyalin lebih dari satu file atau folder pada saat bersamaan. Untuk memilih file  atau  folder  secara  beruntun,  klik  item  paling  awal,  tekan  dan  tahan  tombol  SHIRT kemudian klik item paling akhir. Untuk file atau folder yang dipilih secara tidak berurutan, tekan dan tahan tombol CTRL, kemudian klik setiap item yang dipilih.
  1. Me-rename File atau Folder

Untuk mengganti nama file atau folder, perhatikan langkah kerja berikut!

  1. Buka My Document.
  2. Jika file atau folder yang akan di-rename tidak terlihat dalam folder My documets atau subfoldernya, gunakan Search untuk mencarinya.
  3. Klik file atau folder yang akan di–rename.
  4. Di bawah File and Folder Tasks, klik Rename untuk mengganti nama file atau folder tersebut.
  5. Tuliskan nama baru dan tekan ENTER.

Gambar Tampilan Penamaan Folder

Beberapa  program  tidak  dapat  mengenali  nama  file  yang  panjang.  Program  tersebut hanya   akan   mengenali   nama   file   dengan   delapan   karakter.   Anda   tidak   dapat menggunakan karakter seperti / ………* …? ….” ,>, < atau   .

  1. Cara lain untuk mengganti nama file atau folder :
    1. Klik kanan pada file atau folder, kemudian klik Rename.
    2. Folder  seperti  Documents  and  Setting,  Windows  atau  System  32  tidak  dapat  diubah.
    3. Folder-folder ini diperlukan Windows untuk dapat berjalan sebagaimana mestinya.
  1. Menghapus File atau Folder

Untuk menghapus file atau folder, ikuti langkah kerja berikut!

  1. Buka My Document.
  2. Jika file atau folder yang akan dihapus tidak terdapat dalam folder My Document atau subfoldernya, gunakan Search untuk mencarinya.
  3. Klik File atau folder yang akan dihapus.
  4. Di bawah File and Folder tasks, klik Delete this file atau Delete this folder.
  1. Cara lain untuk menghapus  file  atau  folder  :
    1. klik  kanan  pada  file  atau  folder
    2. klik Delete.

Untuk  mengembalikan  sebuah  file  yang  dihapus,  klik  dua  kali  ikon  Recycle  Bin  pada desktop. Klik kanan file yang akan dikembalikan pada posisi semula. Dan klik Restore. Untuk menghapus file secara permanen, tekan dan tahan tombol SHIRT  dan drag file ke dalam  Recycle  Bin.  File  tersebut  akan  dihapus  secara  permanen  dan  tidak  dapat dikembalikan dari Recycle Bin.

  1. File dalam Recycle Bin

Untuk menghapus atau me-restore item dalam Recycle Bin, perhatikan cara kerja berikut!

  1. Pada dekstop, klik dua kali Recycle Bin.
  2. Kemudian lakukan salah satu opsi berikut.
    1. Untuk me-restore sebuah item, klik kanan dan klik Restore.
    2. Untuk me-restore sebuah item, klik kanan dan klik Restore.
    3. Untuk me-restore seluruh item pada menu Edit, klik Select All, kemudian pada menu
    4. file klik Restore.
    5. Untuk menghapus sebuah item, klik kanan kemudian pilih Delete.
    6. Untuk mengosongkan Recycle Bin, klik kanan pada ikon Recycle Bin, kemudian pilih Empty Recyle Bin.

Menghapus  item  dari  Recycle  Bin  secara  permanen  akan  menghilangkan  item tersebut dari disk komputer. Item tersebut tidak dapat di-restore kembali.  Anda dapat menghapus item dengan cara mendrag item ke dalam Recycle  Bin. Jika drag disertai penekanan tombol SHIRT, item tersebut akan dihapus dari disk dalam komputer tanpa terlebih dahulu ditampung dalam Recycle Bin.

Restore  sebuah  item  dari  Recycle  Bin  akan  mengembalikan  file  atau  folder  pada posisi  semula.  Untuk  mengembalikan  beberapa  item  bersamaan,  tahan  dan  tekan tombol CTRL dan klik item  yang  yang akan dikembalikan pada posisi asalnya. Jika telah selesai memilih item pada menu File, klik Restore

Seandainya Anda me-restore file dari folder yang telah dihapus, maka Windows akan membuat  folder  tersebut  pada  lokasi  aslinya  dan  mengembalikan  file  tersebut  ke dalamnya.  Item-item di bawah ini tidak ditampung dalam Recycle Bin dan tidak dapat di-restore kembali.

  1. Item yang dihapus dari lokasi jaringan.
  2. Item yang dihapus dari media removable (seperti floppy disk).
  3. Item yang memiliki kapasitas lebih besar dari daya tampung Recycle Bin.
  1. Menyimpan File dalam Format yang Lain

Untuk menyimpan sebuah file dalam format yang lain dengan cara sebagai berikut.

  1. Pada menu File dalam program yang tengah Anda gunakan, klik Save As!
  2. Tulislah nama yang lain dalam format file yang lain!
  1. Membuka File dengan Program Lain

Menggunakan  program  lain  untuk  membuka  sebuah  file,  dapat  dilakukan  dengan  langkah berikut ini!

  1. Buka My Documents.
  2. Jika  file  atau  folder  yang  akan  dibuka  tidak  terdapat  dalam  folder  My  Documents  atau subfoldernya. Gunakan Search untuk mencarinya.
  3. Klik kanan file yang akan dibuka dengan menggunakan program yang lain, kemudian klik  properties.
  4. Pada tab  General, klik Change.
  5. Dari  daftar yang ada, pilih program yang sesuai.

Perubahan ini akan memberi efek yang sama pada seluruh file dengan ekstensi yang sama. sebagai contoh, seandainya Anda membuka teks. Maka seluruh file teks akan dibuka dengan program lain yang telah dipilih tadi.

Anda dapat juga membuka file dengan program yang lain dengan cara klik kanan pada file dan pada menu dropdown, pilih open with.

  1. Untuk   membuka  Windows   Explorer,   klik   Start,   arahkan   pada   All   Programs,   pilih Accessories, kemudian klik windows  Explorer.  Explorer,  Windows  Messenger,  dan  Windows  Media  Player  adalah  program  yang  dapat bekerja dengan koneksi internet Anda yang sekarang
  1. Menampilkan Isi dalam Sistem Folder

Untuk  menampilkan  isi  dari  sebuah  sistem  folder,  perhatikan  dan  ikuti  langkah-langkah berikut!

  1. Buka Folder options dalam Control Panel.
  2. Klik Start kemudian  Klik Control Panel.
  3. Klik Appearance and Themes, selanjutnya klik Folder Options.
  4. Pada tab View, beri tanda pada Display the contents of system folder.

Sistem  folder  seperti  sistem  drive  (biasanya  drive  C,  terkecuali  Anda  memiliki  drive  atau partisi lain pada computer). Program Files, Documents and Setting, dan Windows,  berisi file-file yang diperlukan oleh Windows untuk dapat berjalan tanpa masalah. Isi dalam folder ini secara default telah disembunyikan (hidden).

  1. Membuat Penampilan yang Sama untuk Seluruh Folder

Untuk membuat semua folder tampil dalam format yang sama, kerjakan langkah-langkah berikut!

  1. Buka sebuah folder dan pilih sebuah view.
  2. Pada menu Tools, klik Folder options.
  3. Pada  menu View, klik apply to All Folders.

Untuk mengembalikan semua setting folder pada posisi default setelah instalasi Windows XP, klik Resert All Folder.

  1. File Folder pada Windows Explorer

Langkah  kerja  di  bawah  ini  digunakan  untuk  menampilkan  File  and  Folder  task  dalam Windows Explorer.

  1. Buka Windows Explorer
  2. Klik tombol Close di sisi kanan atas pada kotak Folder list.
  1. Media Bar

Gunakan Media bar dalam Internet Explorer untuk mendengar file-file media dan stasiun radio di Internet saat Anda browsing di Internet. Pilih dari sekian banyak variasi musik stasiun radio yang ada. Menggunakan Media bar dalam Internet Explorer akan mempermudah memainkan musik,  video,  atau  file  multimedia  yang  lain.  Anda  dapat  menggunakan  Media    bar  untuk mendengarkan stasiun radio di Internet saat Anda menggunakan komputer.

  1. Windows Messenger

Untuk  chating  dengan  teman-teman  online  Anda,  gunakan  Messenger:  mengirim  pesan  pada ponsel atau  pager teman Anda; dan berbagai foto, musik, serta file yang lain.

  1. Kemudahan yang Diperoleh dengan Daftar Isi Folder

Apakah  Anda  ingin  mengganti  nama  sebuah  file  atau  mengirim  sebuah  file  dalam  sebuah pesan e-mail? Kini menghubungkan pada folder lain dan sebagian besar tugas-tugas file dan folder, akan diurutkan sebagai daftar ini dari setiap folder. Sebagai contoh, Anda dapat meng-klik Picture Task  dalam folder My  Picture  dan  dengan satu kali klik. Anda dapat mencetak sebuah gambar atau melihat gambar-gambar sebagai sebuah slide show.

  1. Cara Baru Melihat File dan Gambar

Windows XP Professional menyediakan banyak kebiasaan baru dalam hal mengelompokkan  dan  menampilkan  file  dan  gambar  dalam  folder  Anda.  Anda  dapat  memasukkan  kategori dalam  sebuah  kelompok. Baik  secara  urut  berdasarkan  abjad  atau  secara  urut  berdasarkan jenis file. Anda juga dapat menampilkan file sebagai thumbnail atau ikon, dan melihat koleksi gambar sebagai sebuah filmstrip.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s