Doa-doa Selama Proses Kehamilan

  • Dzikir Selama Hamil

Selama masa kehamilan, sang ibu dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan memperbanyak membaca doa-doa dan surat-surat di bawah ini:

أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّآمَّةِ مِْن شَرِّمَا خَلَقَ

“Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan yang telah Dia ciptakan.”

حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“Cukuplah Allah bagi kami, dan DIa-lah sebaik-baik pelindung.”

Selain bacaan-bacaan tersebut, juga disarankan untuk banyak membaca Ayat Kursi (Q.S. Al-Baqarah: 255), Surat Yasin, Surat Maryam, Surat Yusuf dan Surat Muhammad.

اللهُ لا إِلهَ إلا هُوَ الحَيُّ القيُّوْمُ   لا تأخُذه سِنَة وَلا نَوْمٌ  لَه مَا فِى السَّموتِ وَمَا فِى الأرْضِ  مَنْ ذا الذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه إلا بِإذْنِه  يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أيْدِيْهِمْ وَمَا خَلفَهُمْ  وَلا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلمِه إلا بِمَا شَاءَ  وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأرْضِ  وَلا يَؤدُه حِفظُهُمَا  وَهُوَ العَلِيُّ العَظِيْم

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.” (Q.S. Al-Baqarah [2]: 255).

  • Doa Saat Kandungan Berusia 4 Bulan

أعُوْذ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بسْمِ اللهِ وَباِللهِ وَمِنَ اللهِ. وَلاغَالِبَ إلااللهُ وَلايَفوْته هَارِبٌ مِنَ اللهِ وَهُوَالْحَيُّ القََيُّوْمُ. نَعُوْذ هذاالْحَمْلَ البَالِغَ أرْبَعَ أشْهُرٍ بِاللهِ اللطِيْفِ الحَافِظِ الذِىْ لآإلهَ إلاهُوَ عَالِمُ الغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ هُوَالرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ.

“Aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk. Dengan menyebut nama Allah, demi Allah, dari Allah, dan kepada Allah, dan tiada kejayaan selain Allah, tidak akan bisa lari seseorang yang lari dari jalan Allah, Dia Hidup Kekal, lagi terus-menerus mengurusi makhluk-Nya. Aku berlindung kepada Allah yang Maha Lembut dan Maha Memelihara untuk kehamilan ii yang mencapai empat bulan, (Dia lah) Allah yang tiada tuhan selain-Nya, Dia mengetahui yang ghaib dan yang tampak, Dia-lah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.”

وَنَعُوْذهُ بكَلِمَاتِ اللهِ التآمَّةِ وَبأسْمَائِكَ المُعَظمَةِ وَايَاتِهِ الكرِيْمَةِ وَحُرُوْفِهَا المُبَارَكةِ مِنْ شَرِّالإِنْسِ وَالْجَانِّ وَمِنْ مَكْرِالِّيْلِ وَالنَّهَارِ وَاْلاَوَانِ وَمِنْ جَمِيْلِ الْفِتَنِ وَالْبََلاَيَا وَالْعِصْيَانِ وَمِنْ شَرِّالنَّفَّاثَاتِ فِى الْعُقَدِ وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Kami pun memohon perlindungan dengan kalimat-kalimat Allah Yang Maha sempurna, dengan nama-nama-Nya Yang Maha Agung, ayat-ayat-Nya Yang mulia, dan huruf-hurufnya yang member keberkahan, dari kejahatan manusia dan jin, dari tipu daya di waktu siang dan malam, juga di semua waktu, dari segala fitnah, bala’ dan kemaksiatan, dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang mengembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki.”

اَلّلهُمَّ اجْعَلْهُ وَلَدًا صَالِحًا كَرِيْمًا كَمِيْلاً عَاقِلاً عَالِماً نَافِعاً مُبَارَكاً حَلِيْماً. اللّهُمَّ زَيِّنْهُ بِزِيْنَةِ اْلأَخْلاَقِ اْلكَرِيْمَةِ وَالصُّوْرَةِ الْجَمِيْلَةِ ذِى الْهَيْبَةِ وَالْهَيْئَةِالْمَالِحَةِ وَالرُّوْحِ عَلىَ اْلفِطْرَةِ الْجَزِيْلَةِ

“Ya Allah, jadikanlah ia anak yang shalih lagi mulia, sempurna, berakal, alim, menebarkan manfaat, membawa keberkahan dan bijaksana. Ya Allah, hiasilah ia dengan akhlak yang mulia, bentuk tubuh yang indah, mempunyai keteguhan, kehormatan, paras yang baik dan jiwa yang suci.”

اَللّهُمَّ اكْتُبْهُ فِيْ زُمْرَةِ الْعُلَمَاءِ الصَّالِحِيْنَ وَحَمَلَةِ الْقُرْأنِ الْعَامِلِيْنَ وَارْزُقْهُ عَمَلاً يُقَرِّبْهُ إِلَى الْجَنَّةِ مَعَ النَّبِيِّيْنَ يَا أَكْرَمَ اْلأَكْرَمِيْنَ وَيَا خَيْرَالرَّازِقِيْنَ

“Ya Allah, catatlah ia ke dalam golongan ulama yang shalih, para penghafal Al-Qur’an yang ahli mengamalkan (kandungan Al-Qur’an), dan karuniakanlah kepadanya amal yang mendekatkannya menuju surge, bersama para nabi, wahai Dzat yang Maha Mulia dan Pemurah, dan Sebaik-baik Pemberi Rezeki.”

اَللّهُمَّ ارْزُقْهُ وَأُمَّهُ فِىْ طَاعَتِكَ الْمَقْبُوْلَةِ وَذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ الْمَرْضِيَّةِ وَاحْفَظْهُ مِنَ السِّقْطِ وَالنَّقْصِ وَالْعِلَّةِ وَالْكَسْرِ وَاْلخِلْقَةِ الْمَظْمُوْمَةِ حَتَّى وَضَعَتْهُ أُمُّهُ عَلى صِحَّةٍ وَعَافِيَةٍ وَسُهُوْلَةٍ وَيَسِّرْهُ مِنْ غَيْرِ مَرَضٍ وَتَعَبٍ وَعُسْرَةٍ بِشَفَاعَةِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Ya Allah, karuniakanlah kepadanya dan kepada ibunya ketaatan yang Engkau terima, dzikir kepada-Mu, syukur kepada-Mu, ibadah yang baik yang Engkau ridhoi, dan peliharalah ia dari keguguran, kekurangan, kecacatan, keretakan dan bentuk yang buruk sampai akhirnya dilahirkan oleh ibunya dalam keadaan sehat wal afiat, mudah dan lancer, tanpa kesakitan, kepayahan, dan kesulitan dengan syafa’at junjungan kami Nabi Muhammad Shallallahu ‘alahi wasallam.”

  • Doa Saat Kandungan Berusia 7 Bulan

اَللّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ فِىْ بَطْنِيْ وَاشْفِهِ أَنْتَ الشَّافِيْ لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ شِفَاءً عَاجِلاً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا وَأَنْتَ خَيْرُ مَسْئُوْلِيْنَ. اَللّهُمَّ صَوِّرْ فِيْ بَطْنِيْ صُوْرَةً حَسَنَةً جَمِيْلَةَ وَثَبِّتْ قَلْبَه اِيْمَانًا بِكَ وَبِرَسُوْلِكَ. اَللّهُمَّ اخْرِجْهُ مِنْ بَطْنِيْ وَقْتَ وِلاَدِهِ سَهْلاً وَتَسْلِيْمًا لاَ مُعْسِرًا وَانْفَعْنِيْ بِه فِي الدُّنْيَا وَاْلأخِرَةِ. امِيْن

“Ya Allah, jagalah anak dalam kandunganku, berilah ia kesehatan, Engkau lah Dzat Yang Memberi kesehatan, tiada obat selain dari-Mu. Kesembuhan yang cepat dan tidak meninggalkan penyakit. Engkau lah sebaik-baik Dzat untuk meminta. Ya Allah, berilah rupa yang tampan dan cantik kepada anak dalam kandunganku ini, dan tetapkanlah hatinya untuk beriman kepada-Mu dan Rasul-Mu. Ya Alah, keluarkanlan ia dari kandunganku ketika tiba waktunya dengan mudah dan selama, tanpa ada halangan, semoga Engkau jadikan ia anak yang bermanfaat bagiku di dunia dan akhirat. Amin.”

وَتَقَبَّلْ دُعَائِيْ كَمَا تَقَبَّلْتَ دُعَاءِ نَبِيِّكَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. اَللّهُمَّ احْفِظ الْوَلَدَ الَّذِيْ أَخْرَجْتَ مِْن عَالَمِ الظُّلْمِ اِلى عَالَمِ النَُوْرِ وَاجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً عَاقِلاً لَطِيْفاً حَاذِقًا عَالِمًا عَامِلاً مُبَارَكًا مِنْ كَلاَمِكَ الْكَرِيْمِ حَافِظًا. اَللّهُمَّ طَوِّلْ عُمْرَه وَصَحِّحْ جَسَدَه وَحَسِّنْ خُلُقَه وَأَفْصِحْ لِسَانَه وَأَحْسِنْ صُوْرَتَه لِقِرَاءَةِ الْقُرْأنِ وَالْحَدِيْثِ النَّبَوِيِّ بِجَاهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن

“Ya Allah, sebagaimana Engkau menerima doa Nabi Muhammad SAW, maka terimalah doaku. Ya Allah, Jagalah anak yang Engkau keurkan dari dunia yang gelap (kandungan) ke dunia yang terang, dan semoga Engkau jadikan ia seorang anak yang sehat, sempurna, berakal, lemah lembut, cerdas, alim, mengamalkan ilmunya, berkah, dan bisa menjaga firman-firman-Mu yang mulia (Al-Qur’an). Ya Allah, berilah ia umur yang panjang, sehat badannya, baik akhlaknya, fasih lisannya, bagus suaranya karena membaca Al-Qur’an dan hadits Nabi, dengan kedudukan Nabi Muhammad SAW, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

  • Doa Agar Kandungan Selamat

Dalam kitab Al-Kalimuth Thoyyibah disebutkan bahwa ketika Fatimah, putri Rosulullah SAW, telah dekat masa kelahiran anaknya, Rasulullah memrintahkan Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsyi agra mendatangi Fatimah untuk membacakan Ayat Kursi di dekatnya, dilanjutkan dengan rangkaian ayat berikut ini:

اللهُ لا إِلهَ إلا هُوَ الحَيُّ القيُّوْمُ   لا تأخُذه سِنَة وَلا نَوْمٌ  لَه مَا فِى السَّموتِ وَمَا فِى الأرْضِ  مَنْ ذا الذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه إلا بِإذْنِه  يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أيْدِيْهِمْ وَمَا خَلفَهُمْ  وَلا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلمِه إلا بِمَا شَاءَ  وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموتِ وَالأرْضِ  وَلا يَؤدُه حِفظُهُمَا  وَهُوَ العَلِيُّ العَظِيْم

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi[161] Allah meliputi langit dan bumi. dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha besar.” (Q.S. Al-Baqarah [2] : 255)

اِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموتِ وَالاّرْضَ فِيْ سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوى عَلَى الْعَرْشِ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَيَطْلُبُه حَثِيْثًا وَالشَّمْشَ وَالْقَمَرَ والنُّجُوْمَ مُسَخَّرتٍ بِأَمْرِهِ أَلاَ لَهُ الْخَلْقُ وَاْلاَمْرُ تَبَارَكَ اللهُ رَبُّ الْعَالَمِيْنَ

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas ‘Arsy.Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha suci Allah, Tuhan semesta alam.” (Q.S Al-A’raf [7] :54)

اِنَّ رَبَّكُمُ اللهُ الَّذِيْ خَلَقَ السَّموتِ وَاْلاَرْضَ فِيْ سِتَّةِ أَيَّامٍ ثُمَّ اسْتَوى عَلَى الْعَرْشِ يُدَبِّرُ اْلاَمْرَ مَا مِنْ شَفِيْعٍ إِلاَّ مِنْ بَعْدِ إِذْنِهِ  ذلِكُمُ اللهُ رَبُّكُمْ فَاعْبُدُوْهُ  اَفَلاَ تَذَكَّرُوْنَ

“Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian Itulah Allah, Tuhan kamu, Maka sembahlah Dia. Maka Apakah kamu tidak mengambil pelajaran?” (Q.S. Yunus [7] : 3)

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ  مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ  وَمِنْ شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ  وَمِنْ شَرِّ النَّفّثت فِى الْعُقَدِ  وَمِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Katakanlah: ‘Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan wanita-wanita tukang sihir yang menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan pendengki bila ia dengki.’ ” (Q.S. Al-Falaq : 1-5)

قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ  مَلِكِ النَّاسِ  إِلهِ النَّاسِ مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ  الَّذِيْ يُوَسْوِسُ فِيْ صُدُوْرِ النَّاسِ  مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ

“Katakanlah: ‘Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia. Raja manusia. sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) syaitan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.”

  • Doa Memohon Keselamatan Kandungan dari Keguguran

وَاصْبِرْ وَمَا صَبْرُكَ إلاَّ بِاللهِ وَلاَ تَحْزَنْ عَلَيْهِمْ وَلاَ تَكُ فِيْ ضَيْقٍ مِّمَّا يَمْكُرُوْنَ  إِنَّاللهَ مَعَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا وَّالَّذِيْنَ هُمْ مُحْسِنُوْنَ

“Bersabarlah (hai Muhammad) dan Tiadalah kesabaranmu itu melainkan dengan pertolongan Allah dan janganlah kamu bersedih hati terhadap (kekafiran) mereka dan janganlah kamu bersempit dada terhadap apa yang mereka tipu dayakan. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan.” (Q.S. An-Nahl [16] : 127-128)

One thought on “Doa-doa Selama Proses Kehamilan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s