Mengenal Istilah Dalam WordPress

AdSense adalah jaringan periklanan kontekstual milik Google dan sangat populer di kalangan blogger. Google AdSense adamerupakan lah salah satu cara untuk memonetasi blog. Anda sebagai publisher akan dibayar berdasarkan jumlah klik pada iklan teks/gambar AdSense yang tampil pada blog Anda. Di Indonesia, Adsense/Google AdSense sering disingkat dengan istilah GA.

AdWords adalah kebalikan dari AdSense. AdWords adalah jasa pemasangan iklan milik Google. Pemasang iklan (advertiser) akan dikenakan biaya berdasarkan sistem cost-per-click (CPC). Iklan-iklan yang dipasang tersebut itu nantinya akan tampil secara konstektual dan tertarget pada media (blog, email, feed, dll) yang disediakan oleh publisher AdSense.

Akismet adalah plugin wordpress yang sangat populer, yang berfungsi untuk mencegah spam. Plugin ini bahkan secara otomatis terinstal saat Anda menginstal WordPress.

Alexa merupakan salah satu perusahaan di bidang internet, yang merekam trafik pada seluruh website/blog. Ranking yang dikeluarkan Alexa tersebut kemudian berkembang menjadi salah satu parameter penting dalam dunia internet. Semakin rendah nilai Alexa sebuah website, maka semakin tinggi trafik yang dimiliki website tersebut.

Anchor Text adalah istilah untuk teks (kata atau kalimat) yang digunakan sebagai link/backlink. Anchor Text juga merupakan aspek penting dalam SEO.

ATOM adalah salah satu bentuk berlangganan feed sebuah website. ATOM muncul sebagai alternatif untuk RSS, yang memungkinkan seseorang mendapatkan update konten terbaru dari sebuah website.

Backlink adalah sebuah link/hyperlink pada sebuah halaman web yang mengarah ke website lain, baik itu mengarah ke homepage ataupun halaman lainnya. Backlink merupakan faktor penting bagi search engine untuk menentukan kualitas dan nilai sebuah website. Semakin banyak/populer backlink yang diterima oleh sebuah website, maka semakin tinggi nilai website tersebut. Sedemikian pentingnya Backlink, sehingga sangat banyak bermunculan bisnis yang menawarkan jasa backlink untuk sebuah website.

Blog adalah salah satu jenis website/halaman web. Pada dasarnya blog adalah berupa tulisan/diary/jurnal online yang terdiri atas kumpulan artikel pendek (post) dan tersusun secara kronologis berdasarkan tanggal ataupun kategori. Dalam perkembangannya, blog berubah menjadi sebuah media populer dalam dunia internet.

Blogger adalah admin atau pemilik sebuah blog. Blogger juga merupakan nama platform blog plus hosting gratis milik Google (blogger.com).

Blogging adalah aktivitas nge-blog atau menulis sesuati pada sebuah blog. Namun blogging juga bisa diartikan secara luas menjadi segala aktivitas yang berhubungan dengan dunia blog.

Blogspot sering digunakan untuk menyebut platform blog gratis milik Google (blogger.com). Hal tersebut muncul karena mengacu pada domain.blogspot yang terdapat pada setiap domain blog di situs blogger.com.

Bounce Rate adalah salah satu metrik dalam analisis website, yang mengacu pada tingkat pentalan pengunjung pada sebuah website.

Broken Link secara harfiah adalah link/tautan yang rusak. Istilah tersebut mengacu pada tautan pada sebuah website yang sudah tidak berfungsi lagi atau tidak mengarah ke halaman web manapun. Jenis link seperti ini sangat dihindari para blogger karena berpengaruh pada kualitas website atau blog.

CMS adalah singkatan dari Conten Management System, yaitu sebuah software untuk membangun dan mengembangkan website (desain, pengolahan data, integrasi dengan hosting, dsb). Beberapa CMS yang populer adalah WordPress, Joomla, Drupal dan banyak lainnya.

CPA merupakan singkatan dari Cost-per-Action. CPA mengacu pada bentuk periklanan online dimana pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah pengunjung yang melakukan sebuah aksi tertentu, seperti membeli produk, melakukan register, dan lain sebagainya. Bisnis afiliasi umumnya menggunakan sistem CPA.

CPC adalah singkatan dari Cost-per-Click, yang merupakan sebuah sistem periklanan online dimana pemasang iklan mengeluarkan biaya berdasarkan jumlah klik pada iklan yang mereka pasang. Iklan itu sendiri biasanya mengarah pada website atau halaman produk/jasa milik pemasang iklan. Iklan-iklan mereka akan tampil pada website jaringan publisher (penayang iklan). Jenis periklanan yang populer adalah Google AdSense, Chitika, dan masih sangat banyak lainnya.

CPM adalah singkatan dari Cost-per-Mile, dimana Mile berarti 1000. Secara singkat, CPM adalah biaya untuk setiap 1000 pageview. CPM merupakan salah satu bentuk periklanan online dimana pemasang iklan mengeluarkan biaya untuk setiap 1000 page view pada iklan yang mereka pasang pada sebuah website.

CSS adalah singkatan dari Cascading Style Sheets. CSS adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk menyusun style sebuah halaman web yang menggunakan HTML atau XHTML. Sebuah file CSS mampu mendefinisikan style untuk beberapa/seluruh halaman web sekaligus secara simultan.

Domain biasa juga disebut dengan domain name atau hostname, adalah sebuah nama untuk mengidentifikasi sebuah website (halaman web) di internet. Misalnya saja refruns.com, refruns.blogspot.com, refruns.wordpress.com, dll.

Favicon adalah istilah yang berarti ‘favorites icon’. Favicon mengacu kepada icon sebuah website yang tampil pada tab browser atau tepat disamping URL sebuah situs pada browser Anda. Favicon berguna sebagai identitas sebuah website, seperti layaknya logo.

Feed adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita untuk berlangganan secara digital pada sebuah web, yang memungkinkan kita menerima update ketika sebuah web memiliki konten terbaru. Terdapat dua format utama feed, yaitu ATOM dan RSS.

FTP adalah singkatan dari File Transfer Protocol. FTP adalah sistem protokol yang berfungsi untuk mentransfer data dari komputer lokal ke komputer server atau sebaliknya (upload and download). Jika Anda menggunakan jasa hosting untuk menjalankan website, maka Anda membutuhkan FTP untuk keperluan mentransfer data.

Google Analytics adalah layanan gratis untuk statistik website yang disediakan oleh Google. Google Analytics memungkinkan pemilik website untuk melihat berbagai informasi dan statistik pengunjung website, dan bisa dijadikan bahan analisis untuk mengembangkan website tersebut. Sampai saat ini, Google Analytics merupakan alat penyedia statistik terbaik yang ada saat ini.

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language, yang berarti bahasa protokol yang digunakan untuk mentransfer data atau dokumen dari web server ke dalam browser. HTML adalah sekumpulan perintah yang didefinisikan ke browser sebagai sebuah tampilan-tampilan dengan format tertentu.

JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman berbasis web yang berorientasi pada objek tertentu, sehingga tampilannya menjadi lebih hidup dan interaktif. JavaScript juga biasa disebut dengan Object Oriented Programming (OOP). Penulisan JavaSript ditandai dengan tag <script> ….. </script>.

Meta Tag adalah kode HTML yang terletak di bagian <head>. Meta Tag tidak akan tampak pada browser, karena penggunaan meta tag adalah untuk memberikan informasi tambahan kepada search engine mengenai suatu halaman web. Contohnya adalah meta description, meta keyword, maupun meta tag lain yang digunakan sebagai identifier kepemilikan sebuah website. Kesemua meta tag tersebut tidak akan tampak pada browser, namun akan terbaca oleh robot perayap.

Niche adalah istilah dalam dunia online, yang berarti topik atau tema bahasan tertentu. Umumnya, sebuah website akan mengusung sebuah/beberapa niche, seperti olahraga, finance, bisnis online, dsb. Sederhananya, niche adalah topik utama yang menjadi pembahasan sebuah website.

NoFollow biasa juga disebut Tag NoFollow, yaitu tag yang ‘membungkus’ sebuah link, yang menginstruksikan kepada robot perayap untuk tidak mengikuti sebuah link. Robot perayap akan mengabaikan link yang telah diberi tag NoFollow. Beberapa search engine populer menyarankan untuk memberikan tag NoFollow pada link berbayar yang terdapat pada sebuah website.

Page Views biasa juga dikenal dengan impresi (impression), yang berarti setiap sebuah halaman dibuka oleh seseorang, maka akan terhitung sebagai satu impresi/page view. Page views adalah metrik utama dalam statistik website, yang bersandingan dengan jumlah visitor. Namun, satu visitor bisa menghasilkan beberapa page view sekaligus, tergantung pada jumlah halaman web yang dibukanya pada website tersebut.

PageRank adalah sistem rangkin yang dikeluarkan oleh Google, sehingga biasa juga disebut dengan Google PageRank. Rangkin ini memiliki nilai 0 – 10, dimana 10 adalah rangking tertinggi. Google PageRank menggunakan sistem algoritma yang sangat kompleks untuk menetapkan sebuah rangking, dan dibahas secara luas dalam dunia blogging. Namun, tingkat popularitas link dianggap menjadi poin utama dalam penilaian PageRank oleh Google.

PHP merupakan singkatan dari PHP: Hypertext Processor, yaitu sebuah bahasa script yang berfungsi untuk menciptakan sebuah laman web yang dinamis dan cepat. Banyak website-website besar yang mayoritas tersusun oleh PHP, contohnya WordPress.

Ping adalah tool jaringan yang digunakan untuk mengecek apakah sebuah alamat tertentu bisa diraih oleh internet. Dalam dunia Blogging, istilah ping juga bisa diartikan sebagai sebuah tindakan mengirimkan pesan/pemberitahuan kepada server (juga search engine) bahwa website/blog Anda memiliki update terbaru (post, tema, option, dll).

Pingback adalah tool yang digunakan untuk memberitahukan kepada sebuah website bahwa seseorang (atau website lain) memberikan link ke website tersebut. Pingbak biasanya akan muncul pada kolom komentar posting jika memang post tersebut mendapatkan backlink.

Plugin merupakan sebuah aplikasi/ekstensi yang dibuat oleh pihak ketiga (third party) untuk sebuah website, sehingga memperkaya fungsi dan fitur website tersebut. Misalnya saja, website yang menggunakan WordPress bisa menggunakan ribuan plugin untuk mempermudah aktivitas webmaster dan juga blogging.

Publisher adalah sebutan untuk orang (juga website) yang menayangkan iklan milik jaringan periklanan (advertising network), baik itu jenis iklan CPA, CPM, CPA dan lain sebagainya.

RSS merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, yaitu semacam format berlangganan web yang sangat populer, bahkan hingga saat ini. Orang yang berlangganan RSS pada sebuah website akan mendapatkan pemberitahuan saat website tersebut memiliki posting terbaru, atau yang biasa disebut feed. Dengan RSS Anda tidak perlu mengunjungi website tersebut untuk membaca posting terbaru, melainkan cukup melalui tool feed reader ataupun email Anda.

Search Engine dalam bahasa Indonesia berarti Mesin Pencari, yang sangat berguna bagi seluruh pengguna internet untuk mencari dan menemukan berbagai informasi di seluruh jaringan web. Search Engine sendiri bekerja mengumpulkan informasi (indexing) menggunakan bot crawler mereka untuk menjelajahi seluruh laman web. Search Engine yang sangat populer saat ini adalah Google, Yahoo!, Bing, dan masih banyak lainnya.

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang diartikan sebagai segala aktivitas yang ditujukan untuk meningkatkan posisi sebuah laman web di halaman hasil pencarian (result page), khususnya mesin pencari Google. Terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO On Page (on site) dan SEO Off Page (off page).

SERP adalah singkatan dari Search Engine Result Page, yaitu halaman-halaman yang menampilkan daftar hasil pencarian Anda pada sebuah mesin pencari. Misalnya Anda mengetikkan sebuah keyword pada Google, maka hasil yang muncul setelahnya disebut SERP / halaman hasil pencarian.

Social Bookmarking adalah sebuah situs social yang memungkinkan penggunanya (user) untuk melakukan submit, vote, dan juga share sebuah link (atau website) melalui akun mereka, sehingga dapat menyebarkan informasi tersebut pada pengguna lainnya. Situs-situs social bookmarking sangat berguna untuk promosi sebuah website. Situs-situs social bookmarking yang terkenal diantaranya adalah Digg, Reddit, StumbleUpon, dan banyak lainnya.

Social Networking adalah semacam situs sosial seperti halnya social bookmark. Social network memungkinkan usernya menjalin pertemanan dan membentuk komunitas/grup berdasarkan latar dan ketertarikan tertentu. Disebut juga jejaring sosial. Situs social network yang sangat populer saat ini adalah Facebook dan Twitter.

Spam adalah ‘sampah’ dalam dunia internet. Spam umumnya berbentuk komentar pada sebuah posting blog, yang bertujuan untuk menanamkan backlink yang mengarah ke situs spammer (pelaku spam). Bentuknya kadang berupa komentar yang tidak relevan dengan konten posting dan kadang meninggalkan link yang mengarah pada situs porno ataupun drugs. Spam juga banyak menyebar melalui email, chat maupun media digital lainnya.

Subscriber adalah orang yang berlangganan feed sebuah website, baik itu menggunakan tool feeder ataupun via email.

Tags mirip fungsinya dengan Category (kategori) pada sebuah website/blog, yang digunakan untuk mengklasifikasikan konten-konten (posting) blog tersebut. Namun, fungsi Tags lebih fleksibel daripada fungsi Category, sehingga sebuah posting dapat diisi dengan beberapa Tag sekaligus.

Trackback adalah sebuah tool pada jaringan web yang fungsinya mirip dengan Pingback, yaitu untuk menginformasikan bahwa sebuah post mendapatkan link dari luar website tersebut.

Unique Visitor dalam bahasa Indonesia berarti Pengunjung Unik, yaitu pengunjung web yang datang menggunakan IP berbeda dengan sebelum-sebelumnya (berdasarkan periode waktu tertentu, misal perhari, perminggu, atau perbulan). Unique visitor umumnya selalu ditampilkan dalam statistik website.

URL merupakan akronim untuk Uniform Resource Locator, yang juga bersinonim dengan Uniform Resource Identifies (URI). URL/URI terdiri atas nama domain plus protocol yang digunakan untuk membuka domain tersebut. Sebagai contoh, edutechnolife.com adalah domain, sedangkan http://edutecnolife.com adalah URL/URI.

Web Hosting  adalah komputer server yang digunakan untuk menyimpan file-file sebuah web.

Widget adalah kumpulan kode/bahasa web yang dimaksudkan untuk dipasang di bagian-bagian tertentu pada sebuah website (sidebar, header, footer, dll) untuk memperkaya fungsi dan fitur website tersebut. Misalnya saja widget untuk menampilkan recent post, iklan, blogroll, dan masih banyak fungsi lainnya

(sumber dari http://refruns.com)

3 thoughts on “Mengenal Istilah Dalam WordPress

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s